Cara Membuat judul PTK SD

    PTK SD (sekolah dasar) atau biasa disebut classroom action research adalah tipe penelitian yang bersifat kualitatif yang dilakukan di tingkat sekolah dasar. Utuk membuat judul PTK SD sebenarnya sangat lah mudah anda hanya perlu mengetahui format judulnya saja. Kemudian buat deh judulnya. Berikut ini adalah cara membuat judul PTK SD. langsung aja dech......

    Perhatikan contoh judul PTK dibawah ini

    "Meningkatkan hasil belajar matematika dengan realistic media pada siswa kelas 5 SD negeri antah barantah semester genap tahun ajaran 2020".

    Judul PTK diatas adalah judul standar atau format judul PTK yang paling sering digunakan dalam pembuatan PTK SD.

    Jika anda ingin membuat judul PTK, anda dapat mengunakan format judul diatas dan kemudian mengganti bagian kata yang bercetak miring sesuai dengan penelitian yang ingin anda lakukan.
    Contohnya adalah seperti dibawah ini

    Contoh 1
    Ilustrasi = si joko akan meneliti hasil belajar siswa, dengan metode STAD pada mata pelajaran IPA SD kelas 4. 

    maka judul nya
    "Meningkatkan hasil belajar IPA dengan metode STAD pada siswa kelas 4 SD negeri antah barantah semester genap tahun ajaran 2020"

    Contoh 2
    Berikut ini adalah cara membuat judul PTK yang lebih spesifik dengan format yang sama
    Ilustrasi = si ana akan meneliti hasil belajar matematika pada materi bangun ruang dengan menggunakan realistic media. Maka judulnya adalah

    "Meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun ruang dengan Realistic media pada siswa kelas 6 sd Negeri antah berantah tahun ajaran 2020."

    Hal yang perlu dipertimbangkan saat membuat judul PTK SD adalah :

  1. waktu penelitian
  2. Penelitian yang dilakukan pada semester genap memiliki rentang waktu yang singkat. Karena terpotong oleh banyaknya waktu liburan dan ujian nasional. Metode pengambilan data dan siklus penelitian juga mempengaruhi waktu penelitian. Pertimbangkan baik-baik agar wisuda anda dapat berjalan sesuai dengan schedule.

  3. Variabel penelitian
  4. Memilih dan menentukan variabel merupakan bagian penting yang menentukan bentuk PTK anda ke depan. Pilihlah variabel yang anda sukai dan kuasai. Bila anda sangat paham tentang media pembelajaran sebaiknya ada memilih varibel yang terkait dengan media pembelajaran.

Komentar

  1. tolong bantu membuat judul ptk matemaika kelas 5 bilangan bulat

    BalasHapus
  2. judul1. meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada materi bilangan bulat pada siswa kelas 5 SD dengan menggunakan...........................pada SD XX tahun2013.

    titik2 bisa anda isi dengan model pembelajran, metode atau media pembelajran.
    smoga bermanfaat

    BalasHapus
  3. bisa buatakan judul ptk ips gak ? kelas brpa ajah dan materi'a ap ajah... mksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. judul : meningkatkan pembelajaran ips dengan media graphic organizer pada kelas VIII SMP sekolah..................tahun ajaran......
      semoga bermanfaat

      Hapus
  4. klo untuk judul ptk tema tentang lingkungan bagusnya gmn? tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo tematik sebaiknya variabelnya tentang media pembelajaran, jadi saat di aplikasikan dalam bentuk penelitian lapangan bisa cocok dengan berbagai macam mata pelajaran.
      semoga bermanfaat

      Hapus

Posting Komentar